Translate

Selasa, 04 Desember 2012

Gunung Gede Pangrango



            Gunung Gede Pangrango yang berketinggian 2958 mdpl – 3019 mdpl (meter diatas permukaan laut) terletak pada posisi astronomis 160˚-107˚ BT dan 64˚-65˚ LS, yang secara administratif terletak di daerah kabupaten Cianjur Sukabumi, dan Bogor.
           
            Curah hujan pada gunung Gede Pangrango ini rata-rata 300/4200 mm/ tahun. Musim hujan terjadi pada bulan Oktober – Mei dengan rata-rata curah hujan 200 – 400 mm/ bulan. Oleh karna itu saat terbaik melakukan pendakian adalah pada musim kemarau pada bulan Juni – September. Pada saat ini angin berhembus lemah dan curah hujan turun di bawah 100 mm/bulan. Gunung Gede Pangrango biasanya ramai di kunjungi para pendaki di bulan Agustus, tepatnya pada hari Kemerdekaan Indonesia dimana sering di adakan upacara bendera di puncak Gede Pangrango.
            Jalur-jalur yang dapat di tempuh untuk menuju Puncak Gede Pangrango :
1.      Jalur Cibodas. Jalur ini merupakan jalur resmi dan yang paling sering di tempuh oleh para pendaki karena jalur ini yang paling aman. Sebelum memasuki area gunung Gede Pangrang para pendaki akan di hadapkan pengawasan yang ketat oleh pihak perhutanan yang berada di bescam Cibodas.
2.      Jalur Gunung Putri. Belakangan ini jalur tersebut menjadi terkenal karna lebih singkat untuk sampai di Gunung Gede (2958 mdpl). Selain itu pendaki dapat menikmati dulu keindahan alun-alun Surya Kencana sebelum mencapai puncak Gede.
3.      Jalur Salabintana (Sukabumi). Disbanding jalur Cibodas sebenarnya jalur ini lebih berat karena lintasanya lebih terjal dan sering hilang. Akibat semak yang tumbuh subur di musim hujan.
4.      Jalur situgunung (Sukabumi). Pada jalur ini terdapat taman rekreasi Situgunung seluas 120ha. Jalur ini cukup sulit dan berbahaya karna 2Km selepas pos pendaki akan menemukan air terjun sawer. Air terjun ini berada di ketinggian 1200 mdpl dan membentuk sungai yang beraliran cukup deras.
Masih banyak lagi jalur alternatif lain untuk mencapai puncak Gede, seperti Bedogol, Bobojong yang berada di kabupaten Sukabumi dan Pacet yang masuk dalam pangkuan kabupaten Cianjur.

Tidak ada komentar: